Syarat Bahan Penyekat atau Bahan Isolasi Listrik

Penyekatan listrik dimaksudkan agar arus listrik tidak dapat mengalir jika bahan penyekat tersebut diberi tegangan listrik. Untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan bahan yang cocok. Selain harus memenuhi tujuan pokok sebagai penyekat listrik diperlukan juga syarat lainya yaitu : 

Sifat Listrik 
Mempunyai tahanan jenis listrik yang besar, untuk mencegah terjadinya rambatan atau kebocoran arus listrik antara hantaran yang berbeda tegangan dengan tanah. Oleh karena dalam kenyataannya kebocoran sering terjadi maka harus dibatasi sekecil-kecilnya.

     Gambar oleh HardyS dari Pixabay


Sifat mekanis
Mengingat pemakaiannya yang luas bahan penyekat ,maka perlu dipertimbangkan kekuatannya. Dengan demikian dapat dibatasi hal yang menyebabkan kerusakan karena salah pakai. Misalnya diperlukan bahan yang tahan tarikan ,maka kita pilih bahan dari kain bukan kertas.

Sifat kimia
Panas yang ditimbulkan oleh arus listrik atau magnet berpengaruh pada bahan penyekat. Demikian juga panas dari luar yang ada disekitarnya. Dalam hal panas yang timbul cukup tinggi maka pemakian penyekat harus tepat. Adanya panas diharapkan tidak melemahkan apalagi merusak. 



Sumber : Materi Diklat Pemeliharaan Trafo Tenaga - PLN Coorporate University

Previous
Next Post »

Silahkan masukkan emailnya untuk ikuti postingan terbaru