Muatan Listrik dan Fenonema Listrik Statis

Listrik merupakan cabang ilmu fisika menyangkut fenomena alam. Sehingga untuk memperdalam energi listrik, maka perlu menyelami fenomena alam yang dikenal dengan listrik statis. Listrik dapat diketahui hanya melalui dampak atau efek yang ditimbulkan oleh muatan listrik, arus listrik, medan listrik, dan magnet listrik.

     Gambar oleh Keli Black dari Pixabay

Dalam menjalani perikehidupan manusia modern, seringkali kita melihat dan bahkan merasakan adanya fenomena listrik statis (elektrostatis).Tahukah kalian, bahwa listrik telah ditemukan sejak manusia mulai mengamati efek yang timbul dari dua buah benda yang saling digosokkan. Bahkan, mungkin kita pernah merasakan seperti sengatan pada kaki kita setelah berjalan di atas karpet yang terbuat dari nilon. Kita juga sering melihat fenomena alam yang kadang sangat dahsyat, yakni petir atau halilintar. Peristiwa-peristiwa tersebut di atas merupakan gejala dari listrik statis. Listrik statis adalah gejala tentang interaksi rnuatan listrik yang tidak bergerak atau tidak bergerak secara permanen.

Dengan penalaran yang lebih mendalam, pertanyaan berikut ini akan muncul di benak kita. Bagaimana dan mengapa fenomena alam seperti itu terjadi? Untuk lebih menyelami hal tersebut, tentunya kalian masih ingat, ketika melakukan percobaan dengan menggunakan alat elektroskop.


sumber : Materi Dasar dan Pengukuran Listrik - Kemendikbud RI 
Previous
Next Post »

Silahkan masukkan emailnya untuk ikuti postingan terbaru