ANALISA SISTEM TENAGA

Dalam sistem tenaga, yang perlu diketahui dalam analisanya adalah :

  • Analisa aliran daya
  • Analisa hubung singkat
  • Analisa stabilitas sistem

Analisa aliran daya, yang dipelajari adalah aliran arus beban yang mungkin mengalir di tiap cabang di dalam network, baik aliran daya pada cabang Trafo, Distribusi, Transmisi maupun yang mengalir dari Pembangkit dan beban yang tersebar didalam sistem. Analisa ini dilakukan untuk mengetahui apakah peralatan listrik akan mengalami beban lebih sebelum beban itu mengalir padanya sebelum kejadian yang sesungguhnya.

Analisa hubung singkat adalah analisa yang mempelajari kontribusi arus gangguan hubung singkat yang mungkin mengalir pada setiap cabang didalam sistem ( di jaringan distribusi, transmisi, trafo tenaga atau dari pembangkit ) sewaktu gangguan hubung singkat yang mungkin terjadi didalam sistem tenaga listrik.
Tidak saja besar arus kontribusi yang dihitung, tetapi juga besarnya tegangan yang terjadi pada setiap Node pada saat gangguan hubung singkat tersebut.

Baca : Analisa Hubung Singkat

Analisa stabilitas sistem adalah analisa yang mempelajari kelakuan sistem dimana terjadi pergeseran besaran listrik berupa frekwensi, tegangan dan arus pada beberapa pembangkit yang dihubungkan oleh jaringan sewaktu terjadi perubahan.
Keadaan ini terjadi akibat lepasnya pembangkit besar didalam sistem, sesaat setelah terjadi gangguan hubung singkat atau masuknya beban besar kedalam sistem.



Analisa sistem tenaga yang ada hubungan dengan proteksi adalah analisa yang hasilnya sangat diperlukan oleh peralatan proteksi yaitu Analisa Hubung Singkat. Besaran arus dan tegangan yang didapat dari hasil analisa ini yang dimanfaatkan oleh peralatan proteksi.

Sedangkan Analisa stabilitas sistem perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana reaksi peralatan proteksi bila terjadi guncangan didalam sistem tenaga listrik. 



Previous
Next Post »

Silahkan masukkan emailnya untuk ikuti postingan terbaru