Bushing Trafo

Bushing merupakan sarana penghubung antara belitan dengan jaringan luar. Bushing terdiri dari sebuah konduktor yang diselubungi oleh isolator. Isolator tersebut berfungsi sebagai penyekat antara konduktor bushing dengan body main tank trafo.

Secara garis besar bushing dapat dibagi menjadi empat bagian utama yaitu:

1.   Isolasi
Berdasarkan media isolasi bushing terbagi menjadi dua (IEC 60137 tahun 2008) yaitu:
a.   Bushing condenser
Bushing kondenser umumnya dipakai pada tegangan rating bushing 72,5 kV ke atas. Bushing kondenser terdapat tiga jenis media isolasi (IEC 60137 tahun 2008) yaitu:
·     Resin Bonded Paper (RBP)
Bushing tipe RBP adalah teknologi bushing kondenser yang pertama dan sudah mulai ditinggalkan
·     Oil Impregnated Paper (OIP)
Pada tipe OIP isolasi yang digunakan adalah kertas dan minyak yang merendam kertas isolasi
·     Resin Impregnated Paper (RIP)
Pada tipe RIP isolasi yang digunakan adalah kertas isolasi dan resin.


Di dalam bushing kondenser terdapat banyak lapisan kapasitansi yang disusun secara seri sebagai pembagi tegangan. Pada bushing terdapat dua kapasitansi utama yang biasa disebut C1 dan C2. C1 adalah kapasitansi antara konduktor dengan tap bushing, dan C2 adalah kapasitansi dari tap bushing ke ground (flange bushing). Dalam kondisi operasi tap bushing dihubungkan ke ground, sehingga C2 tidak ada nilainya ketika bushing operasi.

b.   Bushing non-kondenser.
Bushing non kondenser umumnya digunakan pada tegangan rating 72,5 kV ke bawah. Media isolasi utama bushing non-kondenser adalah isolasi padat seperti porcelain atau keramik.

2.   Konduktor
Terdapat jenis – jenis konduktor pada bushing yaitu hollow conductor dimana terdapat besi pengikat atau penegang di tengah lubang konduktor utama, konduktor pejal dan flexible lead.

3.   Klem Koneksi
Klem koneksi merupakan sarana pengikat antara stud bushing dengan konduktor penghantar di luar bushing.

4.   Asesoris
Asesoris bushing terdiri dari indikasi minyak, seal atau gasket dan tap pengujian. Seal atau gasket pada bushing terletak di bagian bawah mounting flange.

sumber : Materi Diklat Pemeliharaan Trafo - PLN Coorporate University
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
June 4, 2018 at 2:28 AM delete

Saya siap membantu jika Bapak/Ibu sedang membutuhkan Trafo/Transformer isolasi, auto, rectifier, distribusi, reactor dll dengan berbagai spesifikasi/custom merk Centrado.
Juga menyediakan spare part Trafo seperti tap changer, bushing, skun, breather, DMCR, seal/packing dll dengan harga yang kompetitif.
Silahkan menghubungi saya di whatsapp atau telp 0812-95358935
Terima kasih

Reply
avatar

Silahkan masukkan emailnya untuk ikuti postingan terbaru