Sumber Medan Listrik Dan Medan Magnet


Medan Listrik dan Medan Magnet  Alam
Medan Listrik dan Medan Magnet telah ada sejak bumi dan alam semesta ini diciptakan. Atmosfir yang menyelimuti bumi mempunyai lapisan ionosfir yang menimbulkan Medan Listrik alam.  Medan Listrik ini pada cuaca cerah berkisar antara 0,1 s/d 0,5 kV/m dan pada saat awan mendung berkisar antara 3 s/d 30 kV/m.




Bumi merupakan magnet raksasa yang menimbulkan Medan Magnet dengan kuat medan antara 40 s/d 70 mT.  Medan Magnet bumi ini menyebabkan jarum kompas selalu menunjuk arah Utara – Selatan sebagai kutub  - kutub bumi.



Medan Listrik dan Medan Magnet Buatan Manusia
Medan Listrik dan Medan Magnet buatan manusia antara lain dapat dilihat yaitu pada kawat penghantar SUTT / SUTET yang bertegangan akan timbul Medan Listrik, dan apabila pada kawat penghantar tersebut mengalir arus listrik maka disamping Medan Listrik juga akan dibangkitkan Medan Magnet. Sebagai contoh lain, Medan Listrik juga akan timbul pada kabel lampu meja yang tersambung ke stop kontak, dan pada saat lampu dinyalakan (ada arus mengalir pada kabel), maka disamping Medan Listrik juga timbul Medan Magnet.


Previous
Next Post »

Silahkan masukkan emailnya untuk ikuti postingan terbaru