Perbedaan Medan Listrik dan Medan Magnet

Apa pengertian medan??
Medan adalah pengaruh tertentu di dalam suatu ruang, seperti misalnya dalam ruangan ini ada Medan Cahaya yang menyebabkan kita dapat melihat,  Medan Grafitasi yang menarik benda ke bumi dan Medan Magnet Bumi yang mengakibatkan jarum kompas menunjuk arah Utara – Selatan.

Pengertian Medan Listrik (ML)??
ML adalah pengaruh tertentu di suatu ruang akibat adanya partikel ber -muatan listrik (muatan) atau penghantar bertegangan.
Merupakan hukum alam bahwa antara muatan sejenis akan
terjadi gaya tolak – menolak, dan antara muatan tidak sejenis akan terjadi gaya tarik menarik.
Apabila sumber ML adalah partikel bermuatan negatip, maka muatan negatip lain disekitarnya akan tertolak dan muatan positip akan tertarik.
Besar Kuat Medan Listrik ( KML ) di suatu titik berbanding lurus dengan besar muatan atau tegangan sumber serta berbanding terbalik dengan jarak dari sumber ke titik tersebut.



Dan apa pula pengertian Medan Magnet (MM)??
MM adalah pengaruh tertentu di suatu ruang akibat adanya gerakan partikel bermuatan atau adanya arus listrik pada penghantar bertegangan.
MM juga dibangkitkan oleh benda ( besi atau baja ) yang bersifat magnet.
Besar Kuat Medan Magnet ( KMM ) di suatu titik berbanding lurus dengan besar arus listrik atau kemagnetan benda serta berbanding terbalik dengan jarak dari sumber ke titik tersebut.

Gambar  dibawah ini menunjukkan medan listrik dan medan magnet pada suatu konduktor yang dialiri arus listrik.



Previous
Next Post »

Silahkan masukkan emailnya untuk ikuti postingan terbaru